Putaran Kedua Inspirasi Pagi Usai, Tantangan Baru Menanti Siswa

SMAN 1 Petak Malai terus berkomitmen mengembangkan budaya literasi siswa melalui program "Inspirasi Pagi" yang rutin dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis. Baru-baru ini, kegiatan tersebut telah menyelesaikan putaran kedua dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta.

Program Literasi Sekolah Inspirasi Pagi

Pada putaran kedua ini, siswa ditantang untuk menyampaikan topik secara lisan langsung tanpa menggunakan alat bantu. Berbeda dengan tahap pertama, ketika mereka masih diperbolehkan menggunakan catatan sebagai panduan, kali ini keberanian berbicara menjadi kunci utama. Hal ini tentu melatih siswa untuk lebih percaya diri, terampil dalam menyusun kata, sekaligus mengasah kemampuan berpikir kritis saat berbicara di depan teman-temannya.

Memasuki putaran selanjutnya, tantangan baru telah dipersiapkan. Siswa akan diminta untuk melakukan presentasi menggunakan fasilitas Papan Tulis Interaktif (Interactive Flat Panel) dengan durasi yang lebih panjang, yakni 5–10 menit. Sebelumnya, waktu presentasi masih terbatas pada 2 menit saja. Dengan adanya peningkatan durasi serta pemanfaatan perangkat digital sekolah, diharapkan siswa dapat:

  • Mengembangkan kemampuan komunikasi dan presentasi yang lebih terstruktur.

  • Memanfaatkan teknologi pendidikan secara kreatif dan produktif.

  • Meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum serta kepercayaan diri.

  • Melatih keterampilan literasi digital, yang menjadi bekal penting di era modern.

  • Mengasah kerja sama serta rasa tanggung jawab melalui persiapan materi yang matang.

Dengan berbagai tahapan yang dirancang secara bertahap, program "Inspirasi Pagi" bukan hanya menjadi ajang berbagi ide dan pengetahuan, tetapi juga sarana pembentukan karakter, kemandirian, serta kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.

Semoga pada putaran berikutnya, semakin banyak siswa yang mampu menunjukkan potensi terbaiknya, sekaligus menjadikan SMAN 1 Petak Malai sebagai sekolah yang terus mendorong lahirnya generasi literat, percaya diri, dan melek teknologi.



Pembagian Kelompok Siswa & Guru Pembimbing Literasi Inspirasi Pagi Sesi 3

No Nama Siswa Guru Pembimbing
1Samuel Adit FriadiCatrine Anatasia C., S.Pd
2Lindo Edwin SupriantoCatrine Anatasia C., S.Pd
3RandieCatrine Anatasia C., S.Pd
4Imel Lisa DwisiskaDelima Sinaga, S.Pd
5RepalinaDelima Sinaga, S.Pd
6Mario FransiskoDelima Sinaga, S.Pd
7Amansyur Izamuel AguinoDodie, S.Pd
8Luna Agus MayaDodie, S.Pd
9Lena OktaviaDodie, S.Pd
10MulionoEdi Sabara, S.Si
11Gustiani Rika ElsyEdi Sabara, S.Si
12Linda KurniatiEdi Sabara, S.Si
13Ayu LestariEko Ardinatha, S.Pd
14Magdalena KristianiEko Ardinatha, S.Pd
15Ekae SantikaeEko Ardinatha, S.Pd
16Deri RepandiHarke, S.Pd
17Arissa Putri SulungHarke, S.Pd
18NoviHarke, S.Pd
19KendriHeriwati, S.Pd
20SilvaHeriwati, S.Pd
21JelyHeriwati, S.Pd
22Jelsie OlipiaMuhammad Jumani, S.Pd
23HendraMuhammad Jumani, S.Pd
24Nisa SelsianiMuhammad Jumani, S.Pd
25WulandariOboy, S.I.Kom
26Sandioriva Zivana LethisaOboy, S.I.Kom
27YuliaOboy, S.I.Kom
28AndonySet Nita, S.Pd
29AndriSet Nita, S.Pd
30Regito PrantamaSet Nita, S.Pd
31Indra YudhaYerie, S.Pd
32Deri AstianataYerie, S.Pd
33MelsiYerie, S.Pd


Untuk memberikan gambaran apa yang harus dilakukan peserta dan guru pembimbing sebelum  kegiatan di mulai Senin, 22 September 2025  berikut uraian yang bisa menjadi panduan :

Tugas Siswa 

  1. Menentukan tema presentasi bersama pembimbing (relevan, menarik, terukur).

  2. Menyiapkan bahan: slide PowerPoint / poster digital / video  atau bahan presentasi lain

  3. Membagi tugas penyampaian presentasi secara seimbang antar anggota tim

  4. Menguasai materi (data akurat, paham konsep, siap Q&A).

  5. Latihan menyampaikan materi presentasi sebelum waktunya tampil

Tugas Guru Pembimbing 

  1. Mengarahkan pemilihan tema yang selaras tujuan pembelajaran & konteks lokal.

  2. Membantu memilih media presentasi yang paling efektif (slide/ poster /video).

  3. Melatih penggunaan perangkat digital/papan tulis interaktif (buka file, anotasi, sisip gambar/video, pointer).

  4. Mereview konten presentasi siswa: akurasi, alur logis, keseimbangan peran, keterbacaan visual.

  5. Menyiapkan bimbingan agar kelompok siap presentasi.

Komentar