Putaran Kedua Inspirasi Pagi Usai, Tantangan Baru Menanti Siswa
SMAN 1 Petak Malai terus berkomitmen mengembangkan budaya literasi siswa melalui program "Inspirasi Pagi" yang rutin dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis. Baru-baru ini, kegiatan tersebut telah menyelesaikan putaran kedua dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta.
Pada putaran kedua ini, siswa ditantang untuk menyampaikan topik secara lisan langsung tanpa menggunakan alat bantu. Berbeda dengan tahap pertama, ketika mereka masih diperbolehkan menggunakan catatan sebagai panduan, kali ini keberanian berbicara menjadi kunci utama. Hal ini tentu melatih siswa untuk lebih percaya diri, terampil dalam menyusun kata, sekaligus mengasah kemampuan berpikir kritis saat berbicara di depan teman-temannya.
Memasuki putaran selanjutnya, tantangan baru telah dipersiapkan. Siswa akan diminta untuk melakukan presentasi menggunakan fasilitas Papan Tulis Interaktif (Interactive Flat Panel) dengan durasi yang lebih panjang, yakni 5–10 menit. Sebelumnya, waktu presentasi masih terbatas pada 2 menit saja. Dengan adanya peningkatan durasi serta pemanfaatan perangkat digital sekolah, diharapkan siswa dapat:
-
Mengembangkan kemampuan komunikasi dan presentasi yang lebih terstruktur.
-
Memanfaatkan teknologi pendidikan secara kreatif dan produktif.
-
Meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum serta kepercayaan diri.
-
Melatih keterampilan literasi digital, yang menjadi bekal penting di era modern.
-
Mengasah kerja sama serta rasa tanggung jawab melalui persiapan materi yang matang.
Dengan berbagai tahapan yang dirancang secara bertahap, program "Inspirasi Pagi" bukan hanya menjadi ajang berbagi ide dan pengetahuan, tetapi juga sarana pembentukan karakter, kemandirian, serta kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.
Semoga pada putaran berikutnya, semakin banyak siswa yang mampu menunjukkan potensi terbaiknya, sekaligus menjadikan SMAN 1 Petak Malai sebagai sekolah yang terus mendorong lahirnya generasi literat, percaya diri, dan melek teknologi.
Pembagian Kelompok Siswa & Guru Pembimbing Literasi Inspirasi Pagi Sesi 3
| No | Nama Siswa | Guru Pembimbing |
|---|---|---|
| 1 | Samuel Adit Friadi | Catrine Anatasia C., S.Pd |
| 2 | Lindo Edwin Suprianto | Catrine Anatasia C., S.Pd |
| 3 | Randie | Catrine Anatasia C., S.Pd |
| 4 | Imel Lisa Dwisiska | Delima Sinaga, S.Pd |
| 5 | Repalina | Delima Sinaga, S.Pd |
| 6 | Mario Fransisko | Delima Sinaga, S.Pd |
| 7 | Amansyur Izamuel Aguino | Dodie, S.Pd |
| 8 | Luna Agus Maya | Dodie, S.Pd |
| 9 | Lena Oktavia | Dodie, S.Pd |
| 10 | Muliono | Edi Sabara, S.Si |
| 11 | Gustiani Rika Elsy | Edi Sabara, S.Si |
| 12 | Linda Kurniati | Edi Sabara, S.Si |
| 13 | Ayu Lestari | Eko Ardinatha, S.Pd |
| 14 | Magdalena Kristiani | Eko Ardinatha, S.Pd |
| 15 | Ekae Santikae | Eko Ardinatha, S.Pd |
| 16 | Deri Repandi | Harke, S.Pd |
| 17 | Arissa Putri Sulung | Harke, S.Pd |
| 18 | Novi | Harke, S.Pd |
| 19 | Kendri | Heriwati, S.Pd |
| 20 | Silva | Heriwati, S.Pd |
| 21 | Jely | Heriwati, S.Pd |
| 22 | Jelsie Olipia | Muhammad Jumani, S.Pd |
| 23 | Hendra | Muhammad Jumani, S.Pd |
| 24 | Nisa Selsiani | Muhammad Jumani, S.Pd |
| 25 | Wulandari | Oboy, S.I.Kom |
| 26 | Sandioriva Zivana Lethisa | Oboy, S.I.Kom |
| 27 | Yulia | Oboy, S.I.Kom |
| 28 | Andony | Set Nita, S.Pd |
| 29 | Andri | Set Nita, S.Pd |
| 30 | Regito Prantama | Set Nita, S.Pd |
| 31 | Indra Yudha | Yerie, S.Pd |
| 32 | Deri Astianata | Yerie, S.Pd |
| 33 | Melsi | Yerie, S.Pd |
Tugas Siswa
-
Menentukan tema presentasi bersama pembimbing (relevan, menarik, terukur).
-
Menyiapkan bahan: slide PowerPoint / poster digital / video atau bahan presentasi lain
-
Membagi tugas penyampaian presentasi secara seimbang antar anggota tim
-
Menguasai materi (data akurat, paham konsep, siap Q&A).
-
Latihan menyampaikan materi presentasi sebelum waktunya tampil
Tugas Guru Pembimbing
-
Mengarahkan pemilihan tema yang selaras tujuan pembelajaran & konteks lokal.
-
Membantu memilih media presentasi yang paling efektif (slide/ poster /video).
-
Melatih penggunaan perangkat digital/papan tulis interaktif (buka file, anotasi, sisip gambar/video, pointer).
-
Mereview konten presentasi siswa: akurasi, alur logis, keseimbangan peran, keterbacaan visual.
-
Menyiapkan bimbingan agar kelompok siap presentasi.

Komentar
Posting Komentar