Contoh Lembar Simulasi Penggalian Informasi Kependudukan
LEMBAR SIMULASI PENGGALIAN INFORMASI KEPENDUDUKAN
SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK)
SMAN 1 PETAK MALAI
📍 Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah
A. Identitas Kegiatan
| Komponen | Keterangan |
|---|---|
| Nama Kegiatan | Simulasi Penggalian Informasi Kependudukan |
| Tujuan | Melatih siswa menggali data kependudukan sederhana melalui wawancara langsung kepada masyarakat |
| Kelas / Tim | .................................................. |
| Tanggal Pelaksanaan | .................................................. |
| Lokasi Wawancara | .................................................. |
B. Identitas Informan
| No | Nama Informan | Jenis Kelamin | Usia | Pekerjaan | Alamat Singkat |
|---|---|---|---|---|---|
| 1. | |||||
| 2. |
C. Daftar Pertanyaan Wawancara
(Guru dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan lokal)
-
Berapa jumlah anggota keluarga Bapak/Ibu yang tinggal serumah?
-
Apa pekerjaan utama Bapak/Ibu atau anggota keluarga lainnya?
-
Apakah ada anak yang masih sekolah? Jika ya, di jenjang apa?
-
Menurut Bapak/Ibu, apakah jumlah penduduk di desa ini bertambah, berkurang, atau tetap?
-
Apakah ada warga yang sering pindah (merantau) untuk bekerja?
-
Bagaimana pandangan Bapak/Ibu tentang usia ideal untuk menikah?
-
Apakah Bapak/Ibu pernah mendengar tentang program Keluarga Berencana (KB)?
-
Apa tantangan utama keluarga di desa ini dalam mendidik anak-anak?
-
Bagaimana peran anak muda di desa dalam menjaga lingkungan dan kesejahteraan keluarga?
-
Menurut Bapak/Ibu, apa yang bisa dilakukan agar keluarga di desa ini menjadi lebih sejahtera?
D. Hasil Wawancara (Ringkasan Jawaban)
| No | Pertanyaan | Informan 1 | Informan 2 |
|---|---|---|---|
| 1 | |||
| 2 | |||
| 3 | |||
| 4 | |||
| 5 | |||
| 6 | |||
| 7 | |||
| 8 | |||
| 9 | |||
| 10 |
E. Analisis Sederhana
Tuliskan kesimpulan dari hasil wawancara Anda (3–5 kalimat):
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
F. Refleksi Siswa
-
Apa hal baru yang Anda pelajari dari kegiatan ini?
............................................................................................................................... -
Mengapa penting bagi generasi muda untuk peduli terhadap isu kependudukan?
............................................................................................................................... -
Apa yang bisa Anda lakukan sebagai pelajar untuk mendukung keluarga berkualitas?
...............................................................................................................................
G. Validasi Guru Pembimbing
| Nama Guru Pembimbing | Tanda Tangan | Tanggal |
|---|
Komentar
Posting Komentar