Contoh Lembar Simulasi Penggalian Informasi Kependudukan

LEMBAR SIMULASI PENGGALIAN INFORMASI KEPENDUDUKAN

SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK)
SMAN 1 PETAK MALAI
📍 Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah


A. Identitas Kegiatan

KomponenKeterangan
Nama KegiatanSimulasi Penggalian Informasi Kependudukan
TujuanMelatih siswa menggali data kependudukan sederhana melalui wawancara langsung kepada masyarakat
Kelas / Tim..................................................
Tanggal Pelaksanaan..................................................
Lokasi Wawancara..................................................

B. Identitas Informan

NoNama InformanJenis KelaminUsiaPekerjaanAlamat Singkat
1.
2.

C. Daftar Pertanyaan Wawancara

(Guru dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan lokal)

  1. Berapa jumlah anggota keluarga Bapak/Ibu yang tinggal serumah?

  2. Apa pekerjaan utama Bapak/Ibu atau anggota keluarga lainnya?

  3. Apakah ada anak yang masih sekolah? Jika ya, di jenjang apa?

  4. Menurut Bapak/Ibu, apakah jumlah penduduk di desa ini bertambah, berkurang, atau tetap?

  5. Apakah ada warga yang sering pindah (merantau) untuk bekerja?

  6. Bagaimana pandangan Bapak/Ibu tentang usia ideal untuk menikah?

  7. Apakah Bapak/Ibu pernah mendengar tentang program Keluarga Berencana (KB)?

  8. Apa tantangan utama keluarga di desa ini dalam mendidik anak-anak?

  9. Bagaimana peran anak muda di desa dalam menjaga lingkungan dan kesejahteraan keluarga?

  10. Menurut Bapak/Ibu, apa yang bisa dilakukan agar keluarga di desa ini menjadi lebih sejahtera?


D. Hasil Wawancara (Ringkasan Jawaban)

No    Pertanyaan                     Informan 1                             Informan 2
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

E. Analisis Sederhana

Tuliskan kesimpulan dari hasil wawancara Anda (3–5 kalimat):
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................


F. Refleksi Siswa

  1. Apa hal baru yang Anda pelajari dari kegiatan ini?
    ...............................................................................................................................

  2. Mengapa penting bagi generasi muda untuk peduli terhadap isu kependudukan?
    ...............................................................................................................................

  3. Apa yang bisa Anda lakukan sebagai pelajar untuk mendukung keluarga berkualitas?
    ...............................................................................................................................


G. Validasi Guru Pembimbing

Nama Guru Pembimbing                   Tanda Tangan                 Tanggal


.............................................                    ........................                    .............

Komentar