Belajar dari Sumbernya: Siswa SMAN 1 Petak Malai Gali Data Kependudukan Langsung ke Lapangan

SMAN 1 Petak Malai - Kegiatan Literasi Inspirasi Pagi di SMAN 1 Petak Malai terus berlanjut dengan semangat yang semakin tinggi. Pada sesi ke-4 ini, para siswa mendapatkan tantangan yang lebih menarik dan bermakna dibandingkan sesi-sesi sebelumnya. Jika pada pertemuan sebelumnya siswa lebih banyak berlatih memahami dan menulis, dan menyampaikan informasi dari bacaan, maka kali ini mereka diajak turun langsung ke lapangan untuk menggali informasi dari sumbernya.

Kegiatan Literasi yang Terhubung dengan Program SSK

Kegiatan Literasi Inspirasi Pagi kali ini juga memiliki misi khusus, yaitu mendukung program SSK (Sekolah Siaga Kependudukan)  di SMAN 1 Petak Malai. Sebagai salah satu sekolah yang mendapat kepercayaan melaksanakan program ini, tema literasi kali ini pun diarahkan pada isu-isu sederhana tentang kependudukan di lingkungan sekitar siswa.

Melalui tema ini, diharapkan siswa tidak hanya mampu memahami konsep kependudukan secara teori, tetapi juga melihat dan merasakan langsung realitas sosial di sekitar mereka, seperti dinamika keluarga, perpindahan penduduk, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Langkah-Langkah Kegiatan

Secara teknis, pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan beberapa tahapan berikut:

  1. Pembentukan Kelompok Kecil
    Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil agar lebih mudah berkoordinasi dan berinteraksi dengan narasumber.

  2. Pembagian Format Penggalian Data
    Setiap kelompok diberikan lembar kerja penggalian kependudukan, yang berisi panduan pertanyaan dan kolom isian hasil wawancara.

  3. Wawancara Narasumber
    Setiap kelompok ditugaskan untuk mencari dua narasumber atau informan, baik dari kalangan masyarakat, keluarga, maupun tokoh lokal yang relevan dengan tema kependudukan.

  4. Analisis dan Penyusunan Hasil
    Setelah data terkumpul, siswa melakukan analisis sederhana terhadap hasil wawancara. Mereka belajar mengolah informasi, membandingkan pendapat, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh.

  5. Presentasi Hasil di Kelas Literasi
    Sebagai puncak kegiatan, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil penggalian data mereka pada pertemuan berikutnya dalam kegiatan Literasi Inspirasi Pagi.

  6. Pendampingan Guru
    Agar kegiatan berjalan terarah, setiap kelompok mendapat guru pendamping atau pembimbing yang berperan membantu dalam penyusunan pertanyaan, pelaksanaan wawancara, hingga analisis hasilnya.

Kegiatan Literasi Inspirasi Pagi sesi ke-4 ini bukan sekadar latihan menulis, tetapi juga melatih kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kerja sama tim. Dengan berinteraksi langsung bersama masyarakat, siswa belajar menghargai perbedaan pandangan serta memahami bahwa data dan informasi yang baik harus diperoleh dengan cara yang benar.

Melalui kegiatan ini, SMAN 1 Petak Malai terus berupaya menumbuhkan budaya literasi yang tidak hanya kuat di ruang kelas, tetapi juga hidup di tengah masyarakat, sejalan dengan semangat sekolah untuk “Belajar di Desa, Berkarya untuk Dunia.”


Daftar Kelompok Literasi Inspirasi Pagi Sesi 4

Berikut pembagian kelompok dan guru pembimbing untuk kegiatan Literasi Inspirasi Pagi Sesi ke-4

No. Nama Anggota Kelompok Guru Pembimbing
1 • Amansyur, I.A
• Andony
• Deri Astianata
• Deri Repandi
Delima Sinaga, S.Pd
2 • Ekae Santikae
• Imellisa Dwi Siska
• Lena Oktavia
Set Nita, S.Pd
3 • Magdalena Kristiani
• Melsi
• Muliono
• Nisa Selsiani
Yerie, S.Pd
4 • Randie
• Regito Prantama
• Repalina
Edi Sabara, S.Si
5 • Sandioriva Z.L
• Silva
• Wulandari
Eko Ardinatha, S.Pd
6 • Andri
• Indra Yudha
• Gustiani Rika Elsi
• Kendri
Dodie, S.Pd
7 • Lindo E.S
• Mario Fransisko
• Yulia
• Arissa P.S
Oboy, S.I.Kom
8 • Ayu Lestari
• Hendra
• Jely
• Linda Kurniati
Heriwati, S.Pd
9 • Luna Maya
• Novi
• Samuel Adit, F
Catrine, A.C, S.Pd

Komentar